Cara Membuat Blog dengan Blogger!

Apa itu Blogger ? Dan Bagaimana Cara Membuatnya !

Cara Membuat Email Dengan Mudah (2)

Saat ini, banyak orang ingin memiliki blog. Tujuannya bermacam-macam mulai dari untuk keperluan pribadi, maupun untuk keperluan bisnis. Nah, blogspot adalah platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog semacam ini dengan sangat mudah!

Blogspot (Blogger) Adalah?

Blogspot atau Blogger adalah sebuah platform blogging yang dimiliki oleh Google. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola blog secara gratis

Blogger awalnya diluncurkan pada tahun 1999 oleh perusahaan bernama Pyra Labs, kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Platform ini menyediakan fitur-fitur seperti pengeditan teks dan gambar, penjadwalan posting, kustomisasi template, dan kemampuan untuk berbagi posting di media sosial.

Dalam Blogger, pengguna dapat membuat blog yang mencakup berbagai topik, seperti teknologi, makanan, mode, musik, dan banyak lagi. Blogger juga memungkinkan pengguna untuk menghasilkan uang dari blog mereka dengan menempatkan iklan atau bermitra dengan program afiliasi.

Blogger sangat cocok untuk blogger pemula yang ingin memulai blogging secara gratis dan mudah, tanpa perlu memiliki keterampilan teknis yang kompleks. Namun, meskipun Blogger mudah digunakan, platform ini memiliki batasan-batasan tertentu dalam hal kustomisasi dan fungsionalitas yang mungkin membuatnya kurang sesuai untuk blogger yang lebih berpengalaman atau yang ingin menghasilkan uang dengan cara yang lebih canggih.

Cara Membuat Blog Baru Menggunakan (Blogger)

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat blog menggunakan platform Blogspot (Blogger):

1. Mengakses Blogger

Pertama- tama kamu bisamengakses Blogger terlebih dahulu.

Blogger atau Blogspot adalah platform yang terintegrasi dengan akun Google. Untuk itu, pastikan kamu memiliki akun Google beserta Gmail agar bisa membuat blog dengan Blogger.

Setelah itu, kamu bisa klik Buat Blog Anda 

Screenshot_28

Kemudian, pilih alamat Gmail yang akan kamu gunakan untuk akun Blogger.

2. Mulai Membuat Blog dengan Blogspot

Blogger atau Blogspot adalah memang platform yang dikhususkan untuk membuat blog. Inilah kenapa setelah halaman blogger terbuka, kamu akan melihat tombol Buat Blog Anda  atau  di sana. Nah, silahkan tekan tombol tersebut untuk mulai membuat blog milik kamu sekarang.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nama tampilan yang akan dilihat oleh orang saat membaca blog milik kamu. Silahkan masukkan nama yang ingin kamu gunakan. Kamu tidak harus menggunakan nama asli mu saat mengisi nama tampilan ini. Selain itu, kamu juga masih bisa mengubahnya nanti jika diperlukan.

Cara Membuat Email Dengan Mudah (4)

Jika kamu sudah selesai mengisi namanya, kamu bisa langsung menekan tombol Next dan melakukan konfirmasi terhadap profil blogger milik kamu. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman dashboard Blogger akun kamu.

Di dashboard tersebut kamu bisa mengelola blog mulai dari memilih tema, membuat konten, hingga menambahkan widget, dan masih banyak lagi.

3. Saatnya Membuat Blog Baru

Hal yang selanjutnya yang harus kamu lengkapi adalah informasi tentang blog yang ingin kamu buat. Setelah kamu menekan tombol tersebut, kamu akan diminta untuk mengisi informasi terkait judul, alamat dan juga tema yang akan digunakan untuk blog milik kamu.

Judul yang akan diisikan ini nantinya menjadi nama yang akan ditampilkan di blog. Kemudian alamat akan menjadi alamat url untuk blog milik kamu dan untuk tema akan menjadi tata letak dan tampilan desain untuk blog milikmu.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alamat blog atau URL tidak bisa kamu isikan secara sembarangan. Hal ini karena Blogger menetapkan aturan URL yang menggunakan ekstensi .blogspot.com. Untuk itu, kamu harus menambahkan akhiran .blogspot.com setelah alamat utama blog milikmu. Biasanya, blogger akan memberikan opsi alamat yang tersedia setelah kamu mengetikkan alamat utama. Misalnya seperti blogsaya.blogspot.com.

Hal yang menarik dari pengalamatan blogspot adalah kamu akan mendapatkan notifikasi jika kamu memasukkan nama blog yang sudah dipakai orang lain. Dengan begitu, alamat blog milikmu tidak akan sama dengan alamat blog lain yang sudah ada sehingga pengunjung tidak kebingungan saat ingin mengunjungi blog milikmu.

Setelah itu, Google akan memberikan tawaran kepada kamu untuk melakukan personalisasi terkait domain yang kamu gunakan. Nah, kamu bisa mengabaikan tawaran ini. Jika suatu saat kamu ingin melakukan personalisasi, kamu tetap bisa mengubahnya kapanpun di waktu yang akan datang.

Sekarang, kamu sudah memiliki blog baru dan saatnya masuk ke bagaimana cara membuat post di blog!

4. Menambahkan Posting Baru

Salah satu fitur yang akan memudahkanmu di blogspot adalah mudahnya dalam mengakses tombol untuk membuat posting baru. Kamu hanya perlu menekan tombol Posting Baru untuk menulis konten di blog milik kamu dan menerbitkannya.

Setelah menekan tombol tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan judul dari postingan milik kamu serta isi konten yang ingin kamu bagikan di blog milikmu. Kamu juga bisa melampirkan media di postingan ini agar posting yang kamu terbitkan akan menjadi lebih menarik.

Kemudian, jika kamu sudah selesai menentukan judul dan menulis konten dari posting tersebut, kamu bisa langsung menekan tombol Terbitkan atau Publish akan muncul di blog milik kamu dan bisa dilihat serta ditemukan oleh siapa saja yang ada di internet.

Cara Membuat Email Dengan Mudah (5)

Untuk melihatnya bagaimana bentuk blog yang akan dilihat oleh orang lain nantinya, kamu bisa klik Preview disebelah tombol Publish atau Terbitkan. Setelah itu, kamu akan melihat postingan pertama yang baru saja kamu terbitkan berada di halaman tersebut.

5. Melakukan Penyesuaian Blog

Setelah selesai dengan penambahan posting baru, kamu juga bisa melakukan penyesuaian terhadap blog milik kamu. Blogger atau Blogspot adalah platform yang menawarkan fitur untuk mengubah judul, alamat, dan juga tema dari blog yang kamu miliki. Ini berguna ketika kamu ingin mengubah ide dari blog yang akan kamu kembangkan.

Untuk mengubahnya, kamu bisa pergi mengunjungi menu pengaturan di bagian backend dari blog milikmu.

Di sana, kamu akan melihat opsi di sebelah pojok atas. Opsi tersebut bisa digunakan untuk mengubah judul dan alamat dari blog yang kamu miliki. Usahakan untuk tidak terlalu sering mengubah kedua hal ini agar kamu blog milik kamu bisa berfokus pada suatu bidang dengan pengunjung yang sudah tepat.

Saat melakukan penggantian alamat, kamu perlu berhati-hati karena alamat yang sebelumnya tidak akan bisa dikunjungi lagi oleh pengunjung blog saat ini. Hal ini akan menjadi masalah saat kamu sudah memiliki banyak postingan dan tiba-tiba kamu mengubah alamat dari blog tersebut.

Pengunjung yang sudah menyimpan postingan kamu, akan mengalami error pada saat mereka membuka alamat yang lama. Untuk itu, perubahan alamat ini harus kamu lakukan sebisa mungkin hanya di awal pembuatan blog saja.

Cara Membuat Email Dengan Mudah (6)

Selain itu, fitur menarik lain dari blogspot adalah tersedianya opsi untuk mengubah tema blog. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengganti tema hanya dengan sekali klik saja tanpa harus mengalami kesulitan dalam mengubah kode program.

Di sana sudah tersedia banyak pilihan tema yang bisa kamu sesuaikan dengan topik yang ingin kamu bawakan di blog milik kamu itu. Satu tema akan memiliki tata letak dan juga skema warna yang berbeda satu sama lain.

Setelah menemukan tema yang dirasa pas, kamu juga bisa melakukan penyesuaian terhadap tema tersebut. Nah, menariknya, kamu bisa bebas berkreasi saat melakukan penyesuaian ini. Dengan begitu, tampilan blog yang kamu miliki, bisa kamu ubah sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dari blog lainnya.

Bagaimana? Pembuatan blog menggunakan blogger ini sangat mudah, bukan?

Blogger atau Blogspot adalah platform yang dirancang untuk memudahkan kamu dalam membangun sebuah blog. Untuk itu, ikuti langkah-langkah di atas dan buatlah blog menggunakan blogger sekarang juga!

Leave a Comment